.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Hilangkan Pola Pikir Pecundang

  #Catatan Muhasabah Akbar di Masjid Ukhuwah Islamiyah Saya mau berbagi catatan di hape saya saat acara Muhasabah Akbar di UI kemarin dengan pemateri Bang Dr. Arief Munandar, S.E., M.E. … Baca lebih lanjut

19 Oktober 2016 · Tinggalkan komentar

Bahagia Melihat Orang Lain Bersedih

Setelah hujan semalaman, mentari mulai muncul. Pagi menyapa, meski bekas-bekas hujan masih terasa. Sepertinya itulah perumpamaan kondisi kami saat ini. Masa bersedih karena dengan perpisahan sudah terlewat. Di tempat baru, … Baca lebih lanjut

12 Oktober 2016 · 1 Komentar

Dua Setengah Tahun

Tanggal 1 April 2014 saya mulai tinggal di Medan. Perusahaan tempat saya bekerja menempatkan saya di salah satu kota terbesar di negeri ini. Kemarin, tanggal 30 September 2016 tepat dua … Baca lebih lanjut

2 Oktober 2016 · 1 Komentar

Umroh Mbah Jiman (1)

Hampir semua anak teknik UGM tahu beliau. Usianya sudah sepuh. Kulitnya boleh mulai kendur, tapi tidak  untuk semangatnya. Semangat merawat mustek. Setiap hari membersihkan 2 lantai dan merapikan tanaman-tanaman di … Baca lebih lanjut

7 September 2016 · 1 Komentar

Menjadi Pengepul Uang

Dalam beberapa tahun terakhir, saya sering mendapatkan tugas menjadi pengepul uang. Situ tahu kan, arti pengepul? Tukang ngumpulin sesuatu. Pengepul uang artinya tukang ngumpulin uang. Yeah, saya mendapatkan tugas dari … Baca lebih lanjut

5 September 2016 · 5 Komentar

Ulang Tahun dan Menghitung

Sekitar dua bulan yang lalu, saya ulang tahun ke 26, dua hari lagi saya ulang tahun ke 27. Ini serius, tidak bercanda. Bagaimana bisa? Saya lahir pada tanggal 19 Juni … Baca lebih lanjut

30 Agustus 2016 · Tinggalkan komentar

Dua Ribu

Masih terekam di ingatan gue, suatu ketika gue nemenin temen gue mengisi minyak kendaraannya. “Berapa Bang ?” “Dua puluh tiga ribu, Kak. “Mulai dari nol ya, Bang ?” Sebagaimana SOP … Baca lebih lanjut

24 Agustus 2016 · Tinggalkan komentar

Kenyang

Ketika mendengar kata kenyang, saya langsung teringat penceramah yang mengatakan bahwa nabi menyuruh agar makan setelah lapar, berhenti sebelum kenyang. Kabarnya, pola makan yang seperti itu baik untuk kesehatan, mengingat … Baca lebih lanjut

18 Juni 2016 · Tinggalkan komentar

Pinjam

Dalam empat hari terakhir, saya melakukan 3 aktivitas yang berhubungan dengan pinjam meminjam pada orang yang berbeda. Ada mengembalikan pinjaman, memberi pinjaman, dan juga meminjamkan. Kebetulan semua berhubungan dengan uang. … Baca lebih lanjut

18 Juni 2016 · Tinggalkan komentar

Aturan

Belakangan ini, atau bahkan sudah sejak lama, kita sering mendengar kalimat semacam ini : Kalo islamnya bener, semua yang haram-haram itu ga perlu pake peraturan pemerintah. Yang namanya haram ya … Baca lebih lanjut

18 Juni 2016 · Tinggalkan komentar

Terima Kasih

Dalam “Idealisme Kami” yang berkali-kali kami ucapkan di asrama pembinaan zaman kuliah dulu, ada penggalan sebagai berikut : Kami tidak mengharapkan sesuatu pun dari manusia, tidak mengharap harta benda atau imbalan … Baca lebih lanjut

14 Juni 2016 · 1 Komentar

Berhitung

Sejak kecil saya suka pelajaran berhitung. Bermain logika, bergulat dengan angka-angka, sangat mengasyikan. Waktu SD bahkan saya sempat bosan dengan pelajaran yang hanya itu itu saja. “Pipolondo”, ping poro lan … Baca lebih lanjut

13 Juni 2016 · Tinggalkan komentar

Menyampaikan

  Saya punya kawan senior di Kantor. Usianya sepantaran dengan bapak saya. Beberapa tahun lagi pensiun. Peringkatnya sudah tinggi, disegani banyak orang. Dan saya termasuk orang yang menghormatinya Beliau jago … Baca lebih lanjut

13 Juni 2016 · Tinggalkan komentar

Ramadhan #5 : Timbangan

Timbangan adalah alat ukur yang fungsinya mengukur beban. Inputnya adalah yang akan ditimbang, prosesnya ada yg sudah digital, ada juga yang masih menggunakan beban pembanding. Outputnya adalah besarnya beban dalam … Baca lebih lanjut

11 Juni 2016 · Tinggalkan komentar

Ramadhan #4 : Menikmati

Dalam empat hari terkahir ini, baru tadi malam saya bisa menikmati shalat tarawih. Sebelumnya, tidak terlalu begitu menikmati. Sebagian besar karena terkena serangan kantuk yg sangat hebat, bahkan sebelum shalat … Baca lebih lanjut

11 Juni 2016 · Tinggalkan komentar

Ramadhan #3 : Diskon

Diskon memang acapkali membuat kita tertarik untuk membeli barang. Misal kita mau membeli barang, dengan barang yang sama, di toko A diskon 10%, toko B diskon 20%. Tentunya lebih memilih … Baca lebih lanjut

11 Juni 2016 · Tinggalkan komentar

Ramadhan #2 : Peningkatan & Penurunan

Gimana hari pertama puasamu kemarin? Lancar? Lemes? Atau males? Gimana dengan target-target harianmu? Tercapai? Atau belum selesai menyusun targetnya? Apapun itu, semoga hari ini lebih baik dari kemarin. Betewe, melewati … Baca lebih lanjut

11 Juni 2016 · Tinggalkan komentar

Ramadhan #1 : Mengawali dengan Baik

Marhaban ya Ramadhan 1437 H… Selamat datang bulan yang dinanti. Bulan yang sejak H-100 sudah dibikin poster di FB. Bulan yg mengubah nama beberapa grup WhatsApp dengan countdown nya. Membuat … Baca lebih lanjut

1 Juni 2016 · Tinggalkan komentar

Pamrih

“Saya mau bantu kamu, full. Tapi pakai pamrih. Ya meskipun sebenarnya sebagai senior sudah seharusnya aku membantu junior” kata saya “Maksudnya, Pak?” Dia merasa sangat senang, tapi masih belum sepenuhnya … Baca lebih lanjut

27 Mei 2016 · Tinggalkan komentar

Cita-cita

Di hari terakhir pelatihan yang sudah berjalan 3 hari ini, peserta diminta untuk menyampaikan cita-cita, sesuatu yang ingin dicapai selama hidup di dunia. Ya, aku menjadi salah satu dari peserta … Baca lebih lanjut

14 Mei 2016 · Tinggalkan komentar

Ladang Pahala

Saya yang mau berangkat ke luar kota, istri saya yang sibuk. Sibuk menyiapkan ini dan itu. “Mas, ini udah Icik tata urut hari lho ya. Jadi, jangan diacak-acak. Besok hari … Baca lebih lanjut

17 Maret 2016 · Tinggalkan komentar