.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Mbah Maridjan ( The Legend of Merapi)

Siapa yang tak kenal mbah Maridjan? Jika Anda tak kenal sosok ini, saya yakin Anda tidak pernah nonton TV, atau mendaki gunung Merapi. Orang tua ini jadi bintang iklan sebuah minuman energi. Bahkan disandingkan dengan Ade Rai dan Chris John. Simbah sepuh ini disejajarkan dengan seorang Binaragawan dan petinju kelas dunia. Ya, Mbah Maridjan adalah juru kunci Gunung Merapi.

2 hari yang lalu (26/10), Gunung Merapi update status : Awas. Sorenya meletus dengan mengeluarkan awan panas. Malam harinya hingga sekarang hampir semua stasiun TV meliput bencana Merapi ini. Liputan mengenai Meletusnya Merapi ini mengalahkan berita Tsunami di Mentawai yang menewaskan lebih dari 200 orang, banjir di Jakarta yang parah, dan banjir yang menghancurkan Wasior Papua dan menewaskan sekitar 90 orang. Denger2 tadi pagi Bandung diguncang Gempa. Ya, Indonesia sedang ditimpa bencana oleh Allah.

Kembali ke Mbah Maridjan. Beliau diberi amanah oleh Raja Jogja (Sri Sultan Hamengkubuwono IX) untuk menjadi juru kunci Merapi. Malam itu saya dan kawan-kawan asrama menyimak berita di TV. Desa tempat mbah Maridjan tinggal luluh lantah oleh awas panas atau wedhus gembel. 10 orang ditemukan tewas terpanggang si wedhus gembel di sekitar rumah mbah Maridjan. Di antara mereka kebanyakan adalah tetangga mbah Maridjan, ada pula wartawan Vivanews dan beberapa relawan. Dan jam 12 malem, ada berita : MBAH MARIDJAN SELAMAT, meski dalam keadaan lemas.

Sakti bener ni simbah. Ga salah tu minuman energi jadiin mbah Maridjan jadi bintang iklan. Ade Rain & Crish John jelas kalah kalau begitu. Awan panas yang meluluh lantahkan desa, dan menewaskan manusia bisa dikalahkan mbah Maridjan coba. Luar Biasa.

Keesokan harinya, saya nonton tv dan dapet kabar kalau mbah maridjan meninggal dunia. Hah?? Yang bener?? Salah orang kali. Ternyata kabar itu positif : MBAH MARIDJAN MENINGGAL. Jenasah beliau ditemukan dalam posisi sujud di dapur rumahnya. Ciri-ciri mbah Maridjan, termasuk pakaiannya bener-bener cocok dengan jenasah tersebut. Ramailah Berita dengan Meninggalnya Mbah Maridjan.

Innalillahi wa inna ilaihi Roji’un…

Banyak temen2 saya yang pernah bertemu & sempat salaman dengan beliau. Bahkan seorang ustad yg pada zaman orde baru menjadi aktivis pergerakan  pernah “sembunyi” di rumah Mbah Maridjan. Beliau memang sangat bersahaja. Jutaan rupiah yang diperoleh dari ngiklan minuman energi itu sebagian besar disumbangkan ke warga. Diantara sekian banyak hikmah, yang paling mengena bagi saya adalah betapa gigih beliau memegang amanah dari sang Raja (Sri Sultan Hamengkubuwono IX) untuk menjaga Merapi, hingga maut menjemputnya.

Selamat tinggal Mbah Maridjan, banyak orang yang berdoa untuk kebaikanmu di alam sana. Banyak orang yang sedih mendengar kepergianmu, banyak orang terinspirasi olehmu wahai Mbah Maridjan, The Legend of Merapi…

Purworejo 28 Okt 2010,

82 tahun setelah sumpah pemuda

Iklan

One comment on “Mbah Maridjan ( The Legend of Merapi)

  1. mrong
    5 November 2010

    Waduh sudah hebat euy blohnya, bagi 2 dong rahasiahnya ommmm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 29 Oktober 2010 by in sepotong episode.
%d blogger menyukai ini: