.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Sehari Full Bersama Pengungsi

Jumat (5 Nov) dini hari suasana mencekam, asrama mati lampu, terdengar gemuruh dari arah utara yang tidak pernah berhenti. Suara Merapi yang batuk-batuk disertai sedikit Suara Petir semakin membuat orang panik. Bukan hujan pasir atau sekedar debu. Ini hujan krikil. Dari arah Jalan Kaliurang yang hanya berjarak sekitar 100 m dari asrama terdengar auman sirine ambulan yang saling sahut-sahutan.

Aku dan beberapa kawan malam itu masih terjaga. Begitu pula warga sekitar. Semua waspada. Ada pula yang naik motor ke atas menjemput keluarganya.  Lalu seperti apa kiamat kelak yang jauh lebih dahsyat? Dalam kegelapan ditemani lilin kecil, kami hanya bisa berdoa kepada yang Maha Kuasa dan memohon ampun kepada yang Maha Mengampuni.

Efek semalam sangat terasa. Bau belerang tercium. Debu? Jangan ditanya lagi. Pagi itu diberitakan bahwa puluhan ribu orang mengungsi  di Stadion Maguwoharjo. PPSDMS tanggap bencana segera mengalihkan obyek ke Stadion. Logistik segera dipenuhi. Ada yang beli nasi bungkus, peralatan mandi, obat-obatan. Saya sendiri kejatah beli daleman wanita (yang cukup urgent & kadang terlupa)

Stadion Maguwo seperti lautan manusia. Relawan dan bantuan berdatangan dari berbagai penjuru. Nasi bungkus tiba-tiba saja menjadi barang yang kurang terurus. Saking begitu banyaknya. Stasiun TV tidak mau ketinggalan meliput berita nasional yang ditunggu-tunggu oleh semua penduduk Indonesia ini.

Kubawa kardus berisi penuh dengan nasi bungkus. Kuedarkan ke warga. Sebagian mengambil nasi lalu memakannya. Tidak sedikit pula yang menolak. Sepertinya bukan karena sudah kenyang. Tetapi karena sedih, terlihat dari matanya yang merah dan basah. Mereka kehilangan keluarga, kehilangan harta, kehilangan rumah. Bayangkan jika kita dalam posisi mereka. Huff, tak terasa mataku juga ikut mendung. Menjadi relawan tidak sekedar simpati, tetapi bisa sampai bermepati.

Semoga mereka para pengungsi diberi kesabaran. Begitu pula para relawan yang tak kenal lelah melayani saudara yang kesulitan. Semoga orang-orang yang menyaksikan bencana ini terketuk hatinya dan lebih mensyukuri nikmat.

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami…

Asrama PPSDMS, sepulang dari Stadion

5 Nov 2010

 

Iklan

One comment on “Sehari Full Bersama Pengungsi

  1. used car financing
    7 November 2010

    info yang menarik…

    izin nyimak ya…

    di tunggu kunjungan baliknya…

    by auto loan refinancing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 7 November 2010 by in hikmah, sepotong episode.
%d blogger menyukai ini: