.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Status: Mahasiswa

Seseorang yang berstatus mahasiswa akan dipandang masyarakat sebagai kaum intelektual. Terlebih bagi masyarakat desa, yang di dalamnya sedikit orang berpendidikan. Mahasiswa bisa jadi dianggap makhluk yang serba tahu, yang serba bisa dan kedudukannya terhormat. Apalagi si mahasiswa berasal dari pergurua tinggi yang terkenal atau favorit. Jika terjun langsung di masyarakat, pandangan seperti itu akan sangat terasa.

Tidak jarang, ketika KKN seorang mahasiswa diminta untuk menjadi imam sholat, imam tahlilan, memandikan atau menyolati jenazah. Apalagi jika si mahasiswa terlihat alim. Bagi mahasiswa jurusan elektro akan kedatangan warga yang minta tolong televisi atau radionya rusak. Bagi mahasiswa jurusan teknik mesin, warga akan mendatanginya dengan membawa motornya yang macet. Padahal, hal-hal seperti itu tidak pernah dipelajari di kampus. Yang dipelajari di kampus adalah teori yang mendasar. Untuk hal-hal praktis seperti itu hanya sedikit orang yang bisa melakukannya.

Mahasiswa identik dengan demo, rapat, dan berdiskusi. Bagi masyarakat, mereka dianggap memiliki public speaking yang baik, bisa memenej orang banyak, dan bisa mengerahkan massa. Mahasiswa yang kerjaannya kuliah, pulang, perpus, ngenet, ngegame, tanpa belajar ketiga hal itu dalam organisasi pasti akan mengalami shok ketika berhadapan langsung dengan masyarakat. Jangankan mereka, para aktivis tidak jarang pula yang sulit menyesuaikan diri ketika melihat relaita obyeknya berbeda dengan obyek di kampus.

Mumpung belum terlambat, mari persiapkan ilmu-ilmu yang sekiranya diperlukan ketika berhadapan langsung dengan masyarakat, khususnya masyarakat desa. Baik berstatus mahasiswa maupun mantan mahasiswa

____________

Sehabis “ujuk2” disuruh ngisi sambutan di hadapan warga dalam acara pengajian warga -Rangkaian Qurtek-. Malam itu kedatanganku ditunggu dan acara pengajian nya ternyata diluar dugaan.

Dongkelan-Magelang, malam Idul Adha 1431H

di salah satu sudut Rumah Inu, 16 November 2010

ngasih sambutan di depan warga Dongkelan, Magelang. -Rangkaian Qurtek-

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 17 November 2010 by in hikmah, opini, sepotong episode.
%d blogger menyukai ini: