.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Indonesia Memimpin Peradaban Dunia

YAKINLAH, tahun 2045 Nusantara Jaya memimpin peradaban. Bukan hanya di Asia tapi di dunia.” (Marwah Daud Ibrahim)

Apakah Anda yakin? Menurut saya, kata-kata Marwah Daud Ibrahim tersebut memberikan spirit luar biasa bagi orang yang membacanya. Tidak ada hal yang mustahil di dunia ini jika kita mau berusaha dan tentunya jika Tuhan menghendaki.

Pepatah lama mengatakan, “Gantungkan cita-citamu setinggi langit.” Apa salahnya jika kita bercita-cita menjadi pemimpin peradaban dunia? Justru dengan cita-cita yang tinggi itu kita akan selalu termotivasi untuk selalu melakukan perbaikan. Ditambah lagi dengan patokan waktu yang jelas yaitu 2045, tepat ketika Indonesia berusia 100 tahun dari kelahirannya.

Bayangkan kawan, jika kini Jepang menguasai teknologi, saat itu Indonesialah yang menduduki posisi itu. Jika kini Amerika menguasai perekonomian dunia, saat itu Indonesialah yang menduduki posisi itu, bisa jadi rupiah menjadi standar mata uang internasional. Bayangkan secara nyata dan detail bahwa Indonesia menjadi pemimpin peradaban.

Setelah selesai membayangkan, kini tentukan di posisi mana Anda akan mengambil peran. Di bidang teknologi, kesehatan, ekonomi, budaya, politik, atau di bidang lainnya. Jika Anda seorang mahasiswa teknik, bersungguh-sungguhlah memajukan teknologi di Indonesia. Jika Anda seorang mahasiswa kedokteran, bersungguh-sungguhlah untuk memajukan kesehatan di Indonesia. Begitu pula yang lainnya.  Bersungguh-sungguhlah untuk memajukan fokus bidang Anda.

Indonesia memiliki peluang yang besar untuk menjadi pemimpin peradaban. Secara geografis, Indonesia sangat strategis. Secara sumber daya alam sangat melimpah. Secara sumber daya manusia, saya yakin Indonesia tidak kalah cerdas dengan bangsa lain. Hanya butuh sebuah motivasi tinggi yg bisa menggerakkan semua elemen bangsa untuk berbenah. Tentunya tidak perlu dibom atom dulu seperti Jepang untuk membangkitkan motivasi. Jika motivasi bangsa Jepang berasal dari dorongan dari keterpurukan setelah perang dunia, maka motivasi kita adalah tarikan untuk menggapai cita-cita yang besar itu.

Memang masih banyak PR yang harus dikerjakan bangsa ini. Namun, permasalahan yang pelik bangsa ini pasti bisa kita atasi. Harus Optimis. Bukankah tuhan tidak akan memberikan permasalahan yang tidak bisa diatasi oleh hambaNya? Bukan lagi saatnya kita berkutat pada kekurangan dan permasalahan yang ada. Kita harus fokus pada kelebihan yang kita miliki, dengan begitu semua permasalahan akan teratasi.

Di awal 2011 ini, mari kita susun rencana-rencana hebat yang akan kita lakukan. Kita rajut kembali cita-cita besar kita. Di mana ada kemauan, di sana ada jalan. Sebagai penutup, saya ulang lagi kata-kata Marwah Daud Ibrahim, “Yakinlah, tahun 2045 Nusantara Jaya memimpin peradaban. Bukan hanya di Asia, tapi di Dunia.”

dimuat di

http://kampus.okezone.com/read/2011/01/03/367/409697/367/indonesia-memimpin-peradaban-dunia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 4 Januari 2011 by in opini.
%d blogger menyukai ini: