.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Belajar dengan jalan kenabian

RESENSI

Judul Buku :     Prophetic Learning

Pengarang  :     Dwi Budiyanto

Penerbit      :      Pro-U Media

Jumlah Hal:       268 Halaman

Terbit           :       2009

Harga            :      Sekitar 30 ribu rupiah

Prophetic Learning, dari judulnya kita bisa menerka apa isi buku ini. Prophetic berarti yang berhubungan dengan kenabian, Learning berarti proses belajar. Prophetic Learning akan mudah diartikan sebagai cara belajar sesuai dengan jalan kenabian. Tidak salah, isi buku ini memang seperti itu. Bahkan penulis menambahkan tulisan “Menjadi Cerdas dengan Jalan Kenabian” di bawah Judul Prophetic Learning.

Para sahabat Nabi dididik langsung oleh Rasulullah SAW. Hasilnya, mereka memiliki semangat yang luar biasa dalam belajar. Mereka menjadikan belajar sebagai sebuah tradisi. Mereka belajar karena mereka mengharap menjadi pribadi-pribadi yang unggul dan bertakwa. Semangat untuk belajar ini berlanjut hingga generasi-generasi berikutnya hingga pada akhirnya umat islam menguasai ilmu pengetahuan di berbagai bidang. Ilmu-ilmu itu mereka bagikan kepada seluruh umat manusia.

Disebutkan dalam buku ini, ada 3 hal yang harus dilakukan agar belajar kita berkah. Pertama adalah motivasi yang ikhlas (ikhlash an-niyyah). Kedua, Belajar dengan sebaik-baiknya (itqan al-‘amal) dan yang ketiga adalah pemanfaatan hasil usaha (belajar) dengan tepat (jaudah al-ada’). Ketiga hal inilah yang disadari dan dimiliki oleh generasi salaf ketika mereka menuntut ilmu.

Pembaca diajak untuk cerdas dengan menata pikiran, menata mental, dan menata fisik. Kemudian penulis memberikan langkah-langkah untuk mencerdaskan dalam belajar. Penulis memaparkan bagaimana kebiasaan Prophetic Learning yang dilakukan oleh para generasi salaf. Mereka selalu merasa haus akan ilmu. Tidak lupa, mereka juga menuliskan ilmu-lmunya.

Salah satu kelebihan buku Prophetic Learning adalah penulisnya seorang dosen Universitas Negeri Yogyakarta yang merupakan perguruan tinggi berbasiskan pendidikan. Dengan kata lain kredibilitas penulis buku ini tidak diragukan. Dwi Budiyanto pandai dalam meracik tulisan. Ia tidak sungkan untuk mengambil referensi dari buku-buku karya orang Barat seperti Steven Covey, Bobby de Porter, dan lainnya.

Buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh kalangan pelajar dan juga pengajar. Siswa, Santri, mahasiswa yang membaca buku ini setidaknya akan termotivasi untuk belajar dengan baik. Guru, Ustadz, Dosen yang membaca ini akan mengetahui bagaimana Rosulullah memberikan pelajaran kepada para sahabatnya. Tentunya mereka juga akan termotivasi untuk terus meningkatkan ilmu yang dimiliki.

Dengan harga sekitar 30.000 (bisa kurang, bisa lebih, tergantung diskon) buku ini tergolong murah jika dibandingkan dengan kualitas isi bukunya. Anda bisa membeli buku terbitan Pro U Media ini dengan mudah di toko buku sekitar Anda. Jika datang ke Maskam, atau pameran, saya yakin Anda akan mendapatkan diskon. Kepepetnya tidak bisa membeli silakan pinjam kawan Anda. Rugi kalau belum baca.

Semawung, 13 Jan 2011

Iklan

One comment on “Belajar dengan jalan kenabian

  1. choirul
    14 Januari 2011

    semoga saya bisa beli dan baca ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 14 Januari 2011 by in sepotong episode.
%d blogger menyukai ini: