.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

PENOKOHAN & KARAKTER

PENOKOHAN & KARAKTER

(Forum fiksi FLP, Balairung UGM 20/1/2011)

Pembicara: Ustadz Halama Haris

Tokoh-tokoh dalam karya fiksi memiliki nama, wajah, cara bicara, cara berpakaian, dan ciri lainnya, harus dijelskan dan dijaga konstistensinya oleh si penulis. Nah, proses membuat atau mengembangkan karakter fiktif ini disbetut : Penokohan. Ketika kita membuat karakter seorang tokoh, kemudian muncul tokoh lain, maka tokoh lain itu harus memiliki pembeda dengan sebelumnya, minimal namanya.

Beberapa cara untuk mengenal karakter tokoh dalam karya fiksi

1.       Tokoh dilihat dari perbuatannya. Ex: membanting pintu, memaki2

2.       Motif : membantu pembaca memahami motif tokoh-tokoh di dalamnya melakukan sesuatu perbuatan

3.       Masa lalu : mengetahui masa lalu seseorang, merevisi pemahaman kita tentang siapa dirinya hari ini

4.       Reputasi : bagian identitas dari seorang tokoh adalah apa yang dikatakan orang lan (dialog maupun narasi) tentang dia.

5.       Stereotip : Sarana untuk mengarahkan dugaan pembaca tentang si tokoh. (faktor : pekerjaan; gender; usia; peran keluarga; ras/fisik; sifat suku & wilayah)

6.       Jaringan pertemanan : mengambil tokoh dari satu lingkungan dan memasukkannya ke dalam lingkungan lain.

7.       Kebiasaan & Pol : menyiratkan tentang tokoh sehigga tokoh lebih realistis & membuka potensi cerita.

8.       Bakat & kemampuan : hal yang membedakan si tokoh dengan kebanyakan tokoh yang  lain.

9.       Selera & kesukaan : pembaca merasa mengenal tokoh itu lebih baik dan lebih dekat, juga membuka berbagai kemungkinan pengembangan cerita.

10.   Tubuh: deskripsi fisik dapat mempengaruhi semua tindakan tokoh dan jelas. Pembaca lebih mudah untuk membayangkan tokoh, seperti yang penulis bayangkan

Diantara semua cara tersebut, yang menanamkan kesan terkuat adalah tiga cara pertama: tidakan tokoh dalam cerita. Motiifnya dan perbuatannya pada masa lalu. Membuat tokoh itu ,seperti sebuah kontrak  antara pembaca dg penulis, tentang si tokoh sehingga penulis harus menyelesaikan dan tidak mengambang mengenai si tokoh.

Jangan terlalu menggambarkan keseluruhan, membodohkan pembaca. Selain itu juga Sesekali pakailah yang tidak normatif. Ex: orang blamingtown bilang sampeyan, Putu Wijaya : nulis ga pake tanda titik. Perlu dibuat hal yang tidak normatif, untuk pembeda. Orang berbeda -> istimewa

Yang dateng sedikit, ga sebanyak biasanya. yang akhwat aja cuma 2 orang & kali ini peserta ikhwan lebih mendominasi. Kita juga kedatangan tamu dari UNY.

#catatan kurang rapi, maap

12 comments on “PENOKOHAN & KARAKTER

  1. Ulfa
    21 Januari 2011

    ini kemarin yaaaa? wah aku meriang kehujanan heheheheh

    shiiip makasih Wan, nice ^^

    • kangridwan
      21 Januari 2011

      sekarang udah ga hujan, moga udah ga meriang.
      yupi, itu kemarin.

  2. Hurriyah Azhar
    21 Januari 2011

    Jazakallah khairan atas informasi catatan fiksinya. Photonya mz haris tampak Nature (*good job, angle yang sipbh).

    • kangridwan
      21 Januari 2011

      ini kalo mas haris tau, ane bisa digampar nih, 🙂

  3. Novi Trilisiana
    21 Januari 2011

    Tamu dari UNY? siapa yah?

    • kangridwan
      21 Januari 2011

      dari kelompok studi FISE, ada sekitar 7 orang datang.
      Mereka bilangnya “berkunjung”, pas pulang ada penyerahan kenang2an juga, & ga lupa : poto-poto

  4. Rindang
    25 Januari 2011

    yiah baru bs baca…maap
    makasih mas…… catetanmu via on line on line… ^^

    • kangridwan
      25 Januari 2011

      masama , Ndang

  5. ukhtishalihah
    27 Januari 2011

    masyaallah….hari ini saya lupa kalo hari kamis…
    blas…lupa….
    *menyesal melewatkan 1lagi pertemuan…

    tolong bikin notenya lagi ya akh kalo sempat..
    jazakallah…

    • kangridwan
      28 Januari 2011

      aku kemarin ga bawa buku, jadinya ga nyatet.
      cuma di kertas, & kertasnya ilang.

      temanya tentang Setting
      maap2

  6. ayip miftah addurach
    30 Januari 2011

    aku datang… aku datang..
    siiph… forum kita didokumentasikan kang.
    btw, it’s my blog..
    http://www.miftahaddurach,wordpress.com

    • kangridwan
      31 Januari 2011

      oke oke, mas bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 21 Januari 2011 by in sepotong episode.
%d blogger menyukai ini: