.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Heat Exchanger

Salah satu mata kuliah yang saya ambil semester ini adalah Perpindahan Kalor dan Massa (Mass & Heat Transfer). Kebetulan di antara yang dipelajari adalah bab Heat Exchangers. Heat Exchanger merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menukar panas antara dua fluida yang berbeda temperatur tanpa mencampur kedua zat tersebut. (devices that facilitate the exchange of heat between two fluids that are at different temperatures while keeping them from mixing with each other). (Yunus A. Cengel, 1998)

Gambaran mudahnya adalah seperti demikian :


Panas fluida pada pipa tengah (tube) akan mengalir pada dinding yang dingin. Mengapa dingin? Karena lapisan dinding pipa bagian luar tersebut bersentuhan langsung dengan fluida dingin yang mengalir di pipa luar (shell). Fluida yang mengalir menyebabkan proses perpindahan kalor terjadi secara terus menerus. Pada heat exchanger terjadi 3 proses perpindahan kalor yaitu konveksi pada fluida dalam tube, konduksi pada dinding tube dan konveksi pada fluida dalam shell.

Inti cara kerjanya seperti itu. Salah satu satuan besaran pada heat exchanger adalah area density β, yaitu perbandingan luas heat exchanger dengan volumenya. Sebagaimana kita ketahui, perpindahan kalor sangat berpengaruh dengan luas penampang. Maka jangan heran jika sering pada mesin-mesin kita melihat sirip-sirip yang tidak lain berfungsi untuk memperbesar luas.

Area density ini tentunya menunjukkan efektifitas dan efisiensi suatu heat exchanger. Dengan volume yang sama, HE yang memiliki β lebih besar berarti memiliki luas penampang yang lebih besar. Itu berarti lebih baik dalam melakukan perpindahan kalor. Contohnya adalah radiator mobil (β = 1000 m2/m3), glass ceramic gas turbine heat exchangers (β = 6000 m2/m3), regenerator of a Stirling engine (β = 15.000 m2/m3).

Dan tahukah Anda? Dalam tubuh kita juga terdapat heat exchanger ciptaan Allah yang luar biasa kemampuannya. Allah mendisainnya spesial untuk manusia. Ialah paru-paru (β = 20.000 m2/m3). Subhanallah…

Perhatikanlah bagaimana Kami berkali-kali memperlihatkan tanda-tanda kebesaran (Kami), kemudian mereka tetap berpaling (juga).(al An’am : 46)

 

——

oleh-oleh belajar jelang ujian,
Rosa-rosa, 11 Jun 11 ; 01.11

One comment on “Heat Exchanger

  1. ulumbakhrul
    3 April 2012

    mantap mas ridwan tulisanya, btw udah tingkt berapa ms sekarngdi ugm?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 10 Juni 2011 by in hikmah, opini.
%d blogger menyukai ini: