.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Membaca Jam

Tunggul, Chepi & Kiki, tiga kawan saya ini hari ini mengajar les tambahan bagi adik-adik kelas 6 SD Paitan. Lebih tepatnya mata pelajaran bahasa Inggris. Para Siswa diberikan lembar soal berisi gambar 6 jam dinding yang menunjukkan waktu yang berbeda-beda. Tugasnya adalah bagaimana membaca jam dalam bahasa Inggris.

membaca jam

Saya datang ingin ikut melihat ketiga teman saya dan juga siswa kelas 6 SD Paitan yang sedang belajar bahasa Inggris itu. Dengan penuh semangat, Kikik dan Tunggul menjelaskan cara membaca jam dalam bahasa Inggris. Bahwa cara membaca jam dalam baha inggris ada 3 cara. Misal 7.45 bisa dibaca seven fourty five, atau fifteen to eight, atau bisa pula dibaca fourty five past seven.

Sementara ketiga kawan saya di depan kelas, saya coba melihat satu persatu pekerjaan adik-adik. Sebagian malu-malu ketika saya lihat jawabannya. Saya sempat terkejut melihat beberapa jawaban mereka. Jawabannya memang sudah benar, karena memang sudah dibahas. Tapi saya bisa melihat jawaban awal mereka yang mereka hapus dengan mencoretnya.

Mau tau apa jawaban awal mereka? Jam 7.00 mereka menulisnya: seven twelve. Saya jadi curiga. Mereka menuliskannya mungkin karena jarum pendek menunjukkan angka 7 dan jarum panjang menunjukkan angka 12. Melihat jawaban siswa lain, ada juga yang mengisinya seperti itu. Yang ditulis adalah angka yang ditunjukkan oleh jarum pendek dan jarum panjang. Maka saya simpulkan bahwa belum semua siswa paham bagaimana cara membaca jam.

Saya sampaikan pada kawan saya tentang kesimpulan saya. Kemudian saya ambil jam dinding di kelas sebelah dan saya minta izin untuk menjelaskan bab membaca jam dalam bahasa inggris dimulai dari membaca jam itu sendiri. Sambil menggunakan peraga berupa jam dinding, saya jelaskan bahwa jam 7.45 itu sama dengan jam 7 lebih 45 menit, atau jam 8 kurang 15 menit. Ketika siswa sudah paham, baru saya jelaskan bahwa ada 3 cara membaca jam dalam bahasa inggris.

Sahabat, seringkali kita lalai ketika memandang permasalahan. Solusi yang kita tawarkan terkadang tidak cocok dengan masalah yang ada gara-gara kita kurang teliti dalam mengidentifikasi masalah. Kawan-kawan saya menyiapkan gambar jam yang menunjukkan berbagai waktu dengan asumsi siswa yang akan diajar telah paham bagaimana membaca jam. Ternyata asumsinya salah. Maka tidak heran ketika diajak menjawab bersama atau dituntun untuk menjawab soal mereka pada diam dan malu ketika saya lihat jawabannya.

Maka, ketika ada permasalahan lihatlah secara menyeluruh dengan berbagai sudut pandang. Sebagai subyek maupun obyek, atau sudut pandang lainnya. Dengan begitu kita akan menjadi lebih bijak dalam menentukan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan. Namun jangan juga kemudian karena kita kelamaan mengidentifikasi masalah sampai-sampai energi sudah terkuras dahulu sebelum solusi dieksekusi.

Jadilah Problem solver, bukan problem maker

Masalah bukan untuk dihindari, tapi untuk dihadapi (Alifa, 2010)

Ruang Tamu Pak Lurah
14 Ramadhan 1432 H

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 14 Agustus 2011 by in hikmah, opini, sepotong episode.
