.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Larutan dan Senyawa

Hari pertama ngampus: Mata kuliah Material, pak Dosen bertanya : Apa yang membedakan antara larutan dengan senyawa? Pertanyaan yang mudah. Tapi semua mahasiswa pada terdiam. Mungkin malu untuk menjawab, mungkin lupa karena itu pelajaran SMA kelas2 . Aku? Juga diam, karena memberi kesempatan pada teman-teman yang lain untuk menjawab.

Larutan itu, misalkan Anda mengambil segelas air putih kemudian anda beri Garam 2 sendok. Larut kan? Ya, garam itu tidak akan terlihat dan air akan menjadi asin. Lalu bagaimana jika segelas air putih itu ditambahkan 20 sendok garam? Apakah semuanya larut? Pasti ada sebagian garam yang tidak bisa larut, masih terlihat garamnya. Itulah yang disebut Jenuh.

Tidak akan bisa dipaksakan jika sudah mencapai titik Jenuh, garam itu tidak akan bisa larut dalam air putih itu. Lain lagi dengan senyawa.

Ketika campuran itu berupa senyawa, maka akan membentuk zat baru. Hidrogen & oksigen merupakan gas, tapi H2O merupakan zat cair. Sifat-sifat yang terbentuk pun juga baru dan komposisi itu akan selalu sama. Tidak akan ada yang bilang, “air di tempatku rumus kimianya H3O loh”

Hmm…

Ketika Anda mencintai sesuatu maka bersenyawalah, jangan sekedar larut. Karena ketika Anda hanya larut, maka akan ada masa dimana Anda jenuh dalam mencintai. Maka bersenyawalah, karena yang Anda cintai akan menjadi bagian dari Anda. Misal: Ketika Anda menikah, maka bersenyawalah agar bisa membentuk komponen baru (bernama keluarga) dan cinta Anda pada pasangan Anda tidak akan pernah jenuh.

Bagi Anda yang masih menuntut ilmu, Bersenyawalah dengan ilmu. Cintai ilmu dengan cinta yang tiada batas. Sehingga tidak akan ada lagi istilah malas belajar, malas kuliah, malas ngaji. Mengapa? Karena ilmu merupakan bagian dari Anda.

13.9.11
Kamar Baru @asrama Jingga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 13 September 2011 by in hikmah, sepotong episode.
%d blogger menyukai ini: