.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Evaluasi Yuk !!

Bulan ini, boleh lah kau bilang ini bulan syawal bisa pula dibilang bulan September. Tak ada yang salah. Keduanya hampir sama awal mulainya. Masih ingat tentunya, bulan Ramadhan tahun ini tanggalnya sama dengan bulan Agustus. Kini merupakan akhir bulan. Mari kita evaluasi bulan ini. -Bulan Syawal ataupun bulan September-

.:Mereka yang beruntung adalah yang lebih baik dari sebelumnya, yang merugi adalah yang sama saja, dan yang celaka/bangkrut adalah yang lebih buruk:.

Ramadhan kemarin Alhamdulillah saya berhasil mengkhatamkan Al Quran 30 Juz. Bagi saya merupakan suatu hal yang luar biasa. Meski bagi orang lain mungkin biasa-biasa saja : masih standar. Nah yang jadi pertanyaan adalah, apakah di bulan setelah Ramadhan, yaitu di bulan Syawal ini masih bisa khatam 30 Juz?

Dalam hal ini, saya mengakui kegagalan saya. Saya mentargetkan, minimal sama lah dengan bulan Ramadhan. Tapi hingga akhir bulan ini, ternyata saya hanya mampu di 2/3 nya, sampai juz 20. Saya tidak akan meng-kambinghitamkan setan (yang setelah Ramadhan terlepas dari belenggu). Kasian setan. Padahal sebenarnya setan itu berada dalam diri kita, berwujud kemalasan, suka menyepelekan, dan suka menunda-nunda.

Saya juga mengakui kegagalan. Jika di Bulan Ramadhan setiap malam saya melakukan sholat malam. Minimal tarawih lah, kan juga bisa disebut sholat malam. Bulan ini saya mentargetkan, setidaknya 3 hari dalam sepekan melakukan shalat malam. Dan ternyata belum berhasil 100 %. Dan saya tidak akan menyalahkan rasa ngantuk, rasa capek, rasa dingin, dan rasa malas. Karena sebenarnya rasa itu bisa kita lawan, dan kita mampu melawannya. Hanya saja: Mau atau tidak.

Saya mencoba mengevaluasi di bidang lain. Infak, sholat jamaah di masjid, sholat rawatib, sholat dhuha, berbakti pada ibu bapak, hafalan, membaca buku, menulis artikel, memberi hadiah pada kawan. Saya masih merasa gagal, belum sesuai target yang tertulis.

Mungkin yang mencapai target adalah dalam hal silaturahim. Bulan ini saya merupakan bulan silaturahim. Silaturahim ke sanak keluarga, ke tetangga kiri kanan, ke teman yang nikahan, ke Solo hingga Madiun, ke warga Paitan, bahkan ke rumah kawan-kawan kkn (meski belum bisa semua).

Jika Anda sering jadi Panitia, pasti tidak asing dengan istilah evaluasi. Seringkali kita melakukan evaluasi, tapi kok tidak ada efeknya? Pertanyaan ini pernah saya lontarkan pada ketua KMT, Mas Yulian Anindito, dan saya mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Evaluasi tidak akan ada gunanya, akan sia-sia belaka, jika kemudian kita tidak mau berubah, tidak mau memperbaikinya.

Evaluasi. Berhenti sejenak, melihat ke belakang, memeriksa langkah kita, agar langkah berikutnya lebih baik. Prestasi apa yang telah diraih? Capaian apa saja yang bisa dibanggakan? Mari kita evaluasi diri kita, sebelum dievaluasi orang lain. Mari kita perbaiki hidup kita, sebelum kelak dievaluasi oleh Tuhan.

Itu evaluasi saya di bulan ini: Bulan September sekaligus bulan Syawal. Bagaimana dengan Anda?

 

 

Yogya,Kamar Widhi, 29/9/11
akhir bulan.
bulan yang romantis.

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 29 September 2011 by in sepotong episode.
