.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Nanah

Sekitar dua pekan, salah. Tiga pekan, ah aku lupa, lebih mungkin. Kaki kananku mengalami luka. Luka lecet yang lama-lama menjadi parah. Hanya lecet tapi tidak sembuh-sembuh. Padahal biasanya beberapa hari juga sembuh. Mungkin sistem ketahanan tubuhku sedang tidak normal.

Awalnya hanya gatal, mungkin karena digigit nyamuk. Kemudian aku garuk, eh lecet. Kemudian menular di sebelanya. Jadi ada beberapa luka yang orang jawa mengatakan: Koreng. Aku yang akhir-akhir ini mulai suka menggunakan kaos kaki, sering melihat bekas nanah masih tertempel di kaos kakiku. Menjijikkan bukan. (jangan bayangkan bau kaos kaki & bau nanah)

Beberapa kawan menyarankanku segera berobat ke GMC (layanan kesehatan di UGM). Aku sengaja membiarkannya terlebih dahulu. Aku ingin mengambil pelajaran dari hal ini. Setiap selesai sholat, aku duduk bersila. Dan luka-luka itu menghadap wajahku. Mereka tersenyum-senyum. Sesekali air liur berupa nanah terlihat.

Aku tak tahan melihat nanah. Aku pencet lukaku, aku usap nanah itu. Sesekali aku cium baunya (njijiki ya?). Taukah kau bau nanah? Bacin. Nanahku saja membuatku jijik. Padahal hal-hal yang menjijikkan dari diriku biasanya tidak membuatku jijik. Kalau saja bukan nanahku, aku yakin aku muntah.

Aku jadi teringat nabi Ayub yang diberi ujian dengan sakit yang lebih parah dari yang aku rasakan. Bayangkan, beberapa bagian tubuhnya membusuk hingga ada semacam belatung. Bahkan ketika belatung itu jatuh, ia kembalikan lagi ke posisinya. Aku bukan ingin berkisah tentang nabi Ayub yang begitu tabah. Aku hanya ingin bersyukur, aku hanya mendapat sedikit koreng.

Nanah, seingat saya merupakan cairan yang membawa sel-sel rusak dan mengandung kotoran yang beracun. Saya jadi teringat puisi Adis yang memasukkan kosa kata nanah dalam puisinya untuk membuat ‘sangat’ pada makna luka yang mendalam. Intinya, nanah berhubungan dengan sesuatu yang tidak mengenakkan.

Semoga kalian yang membaca tulisan ini tidak mengalami luka parah hingga bernanah-nanah. Bayangkan jika nanah itu banyak hingga bisa dimasukkan ke dalam gelas. Kemudian terhidang di meja makan. Kau begitu haus atau kepedasan. Aku yakin kau memilih tidak minum dari pada harus meminum air nanah.

Tiap kali saya membaca surat An-Naba dan sampai di ayat 24-25, yang berisi adzab bagi orang yang durhaka, saya merasa ketakutan kadang ingin menangis. Disitu disebutkan bahwa orang yang di neraka Jahanam tidak akan merasakan kesejukan sedikitpun dan tidak akan mendapatkan minuman, kecuali air yang mendidih dan nanah. Pilih mana hayo?

bahwa orang yang di neraka Jahanam tidak akan merasakan kesejukan sedikitpun dan tidak akan mendapatkan minuman, kecuali air yang mendidih dan nanah.

Cukuplah aku melihat, memegang, membau nanah di dunia. Semoga tidak ketemu di akhirat. Aku ga pengin mampir ke neraka. Robbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah, wa qina adzabannar.
Yogya, 3 Okt 2011
Bada Isya, sambil melihat luka yang mulai mengering
dengan sedikit nanah

One comment on “Nanah

  1. jastanti
    9 Desember 2014

    Aku mengalami kecelakaan satu bln yg lalu dan skrg bekas jaitanku blm terlalu kering. Dua hari yg lalu aku iseng ngelopekin luka itu, dan keluar cairan seperti kuning telur. Lalu aku teriak histeris, nanah itu menertawai aku … dan skrg dia msh menertawaiku, mengingatkanku soal neraka jahanam yg Anda ceritakan.

    Terimakasih sdh mengingatkan.

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 3 Oktober 2011 by in hikmah, sepotong episode and tagged , .
