.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

CapCus #2, Masuk terlambat, keluar Cepat

Aku ingin bercerita tentang UTS kali ini.Mau baca ceritaku?
jika mau maka lanjut,
jika tidak maka selesai

Ah, jadi inget ujian kemarin : Pemograman & Metode numerik yang 75 persennya tentang program. Membuat program fortran, membuat flowchart, membaca flowchart. JIka true maka lanjut, jika false maka End, atau ulang. #O ow, janga ikut pusing ya!!

Berbeda dengan ketika jadi Maba dulu, seminggu sebelum ujian sudah ribut mencari bahan kesana kemari. Belajar sampai begadang (meski sesekali istirahat sambil nge PES). Kali ini, aku lebih santai menghadapinya. Mungkin sudah berpengalaman menjadi mahasiswa. Sudah ngicipin Ujian berkali-kali. Dari UTS, UAS, sampai Remidi.

Kemarin, siang ujian paginya malah berenang. Hari ini, ujian jam setengah 8, jam 7 masih tanya temen : Ujannya open apa close ya?.Dan pagi inipun aku pasang status FB :

Ujian itu untuk bukan untuk dipikir, tapi untuk dikerjakan. Jika untuk mengerjakan ujian harus berpikir maka memikirkan ujian menjadi keharusan juga.
-> Hidup itu bukan untuk cari uang, tapi untuk beribadah pada Nya. Jika untuk beribadah butuh uang, maka mencari uang pun menjadi keharusan juga.

Masuk jam setengah 8. Ada masuk jam 7.45. Tenang aja, aku masih boleh masuk kok. Toleransi di jurusanku 30 menit setelah waktu ujian mulai, masih bisa ikut. Dan, taukah? Aku keluar pertama. Jam 8.10. Masuk telat, keluar Cepat. Kemarin juga begitu, meski tidak secepat hari ini.

Maaf, aku bukannya sok-sokan. Hanya saja aku sudah berusaha maksimal & tidak mau mendzolimi diri sendiri dengan membikin pusing ujian. Aku belajar secukupnya. Yang penting paham, tahu intinya. Selesai ya sudah selesai.

Dan ketika ujian, aku coba mengerjakannya. Kalau sudah selesai aku baca sekilas. Selesai ya sudah selesai. Ngapain lama-lama di dalam. Mencari inspirasi? Mencari wangsit? Atau memikir2 lagi. Ah, bikin pusing. Mau cari contekan? Sori layaw. Lama2 di kelas malah bisa2 dimintai contekan.

Jadi, bergegas keluar merupakan pilihan terbaik (menurutku)

Ngomong2 tentang mencontek, (aku pernah menuliskannya, klik disini) orang yg dulu kupergokin nyontek, eh dia nyontek lagi. Kali ini malah contek2an ama temennya. Jangan heran ya, kalau di Universitas-ku ini ada mahasiswa yang begitu. Namanya juga manusia. -Meski bukan utk dimaklumi-.

Yoyoy, nikmati aja ujianmu. Jangan dibikin pusing. Berusaha maksimal, doa maksimal, perbanyak shadaqoh–> biar dimudahkan Nya.

Sodaqoh ga harus pake uang. Senyum aja shodaqoh. Sms motivasi itu shodaqoh, bahkan jika status FB mu itu berefek kebaikan, juga bisa dianggep shodaqoh, Insya Allah.

Akhirkata, Selamat menghadapi UTS
Ujian Tetap Santai
Ujian Tetap Serius
Ujian Tetap Sukses -insya Allah-

 Yogya, 9.11.11
Perpus JTMI

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 2 November 2011 by in hikmah, sepotong episode.
