.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

#Capcus4 : Ngangkring kena Foging

Aku sedang memilih  mana tempe gembus goreng di hadapanku yang kira2 mantab. Ngangkring di angkringan dekat MSG (Masjid Siswa Graha) merupakan kebiasaanku. Ngirit, makan ga harus sampe kenyang, cukup asal ga lapar. Makan sedikit, bayarpun sedikit.

Tiba-tiba, ada serangan semacam foging (pengasapan) dari arah kanan. Tidak salah lagi, orang di sebelah kananku menyalakan rokok, sebuah komoditi andalan yang katanya mendatangkan banyak pemasukan pajak untuk Negara sekaligus berkontribusi besar menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin bagi jutaan warganya.

“Uhuk uhuk, Asu ik !!”

Aku mengumpat sambil menipas-nipaskan tanganku di depan hidung, sambil sedikit mengeluarkan suara batuk. Meski aku tidak memandang si perokok. Aku tak peduli misalkan orang di sebelahku itu tidak terima lalu menghajarku. Aku siap menerima tantangannya. Bukan sok-sokan. Tapi aku benar-benar sebel & mangkel.

Bapak-bapak muda di sebelahku bilang “maaf mas” dengan suara lirih kemudian dia pindah tempat duduk di sebelah mas yang jual angkringan dengan batang rokok masih dijepit jari tangan kanannya.

Aku kembali ke aktifitasku lagi, memilih tempe gembus.

Aku termasuk orang yang menghargai hak seseorang, meski itu bukan asasi sekalipun. Merokok silahkan merokok, itu hak Anda. Anda sudah mendapat peringatan bahaya merokok. Urusan peduli atau tidak Anda dengan peringatan itu, sudah bukan urusanku. Anda mau jantungan, kanker, atau impotensi, silahkan nikmati sendiri.

Tapi ingat, aku juga punya hak untuk tidak merokok. Jangan kau paksa aku merokok dong. Perokok pasif. Itu istilah bagi orang yang menghirup asap rokok. Kabarnya efekny ga kalah bahaya dibanding merokok aktif, bahkan ada yang bilang lebih berbahaya.

Tapi kan, di angkringan tidak ada ruang khusus buat perokok, Mas ?

Oh, aku punya ide buat kamu wahai perokok. Kalau tidak ada smoking area tidak usah bingung. Aku menawarkan alternatif untukmu. Kamu bisa merokok sepuasnya kemudian asapnya tidak mengganggu orang & kamu tidak perlu mencari tempat khusus untuk merokok

Oya? Bagaimana caranya ?

Silahkan Anda merokok, asalkan menggunakan Helm standar, ditutup kacanya.Mau mencoba ? Silahkan..

Syukur-syukur besok di bungkus rokok ada tulisan : Gunakan Helm Standar sebelum merokok.

Asu ik !!

Matamu!!, makanya jangan ganggu orang dong!!

Bajigur !!

Sudah-sudah, mari istighfar 3 x.

Astaghfirullah Astaghfirullah Astaghfirullah 

_________

*Tentang “Asu ik” itu buat bumbu aja. Dijamin Bapak2 itu minggir karena akting lebay saya : batuk2 smbil kipas2 tangan. Bukan karena saya teriak “Asu ik”.-orang saya ga teriak2-

Yogya, 22 Des 2011

Iklan

One comment on “#Capcus4 : Ngangkring kena Foging

  1. Elysa Nurahayu
    12 Februari 2015

    Reblogged this on Cheer Up! and commented:
    sama, sebel banget sama yg namanya asap rokok!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 23 Desember 2011 by in opini, sepotong episode and tagged , , , .
%d blogger menyukai ini: