.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Proyek Kompetisi , Kincir Angin JTMI UGM

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pagi itu halaman lab Fluida Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JTMI) FT UGM tampak ramai.  Hari ini (Jumat, 20/01/12) akan diadakan pengujian tugas Prokom (Proyek Kompetisi). Sebagian besar yang mengambil mata kuliah ini adalah mahasiswa angkatan 2009. Tugas Prokom tahun ini adalah membuat kincir angin, berbeda dengan tahun kemarin yang membuat kendaraan bermotor roda tiga.

Pukul 8, Mahasiswa telah berkumpul sambil menyiapkan kincir angin yang akan diuji. Sejumlah dosen juga siap menilai. Pengujian ini dilakukan dengan meletakkan kincir angin di depan kipas angin. Dengan kecepatan 1,2,dan 3 (pada kipas), kincir angin dihitung kecepatan, dan voltase yang dihasilkan.

Masing-masing tim yang teridiri dari 8-9 mahasiswa ini diberi waktu satu minggu untuk membuat kincir angin di lab Manufaktur. Modelnya bermacam-macam. Sirip kincir ada yang terbuat dari kayu, seng, kayu+plastik. Proses pembuatan ini meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam manufacturing. Setidaknya mereka mampu mengoperasikan alat-alat manufaktur, seperti mesin bubut, mesin freeze, mesin las, bor, dan yang lainnya. Mulai dari membuat poros hingga membuat gear untuk mereduksi gaya semua dilakukan.

Hasilnya pun berbeda-beda. Ada yang berputar sangat cepat hingga menghasilkan voltase yang besar. Ada juga yang sampai kecepatan kipas di level3 belum juga berputar. “Keren, keren, keren, bener-bener kompetisi” ujar Widhi Yoga, salah satu peserta uji tugas Prokom ini.

“Proyek kompetisi kali ini benar-benar sangat memacu mahasiswa semester 5 untuk mengembangkan ilmu teknik mesin. Ini merupakan aplikasi buat temen-temen mahasiswa” kata Tito Rizal

Peserta ujian Prokom harap-harap cemas dengan hasil kerja kerasnya selama satu minggu penuh. Akankah berhasil, ataukah gagal. Akankah mendapat nilai A atau D. “Sebenarnya pagi ini sempat optimis, tapi ketika dipasangi kopling dan tidak pas, itu menghancurkan segalanya” lanjut Tito dengan nada sedikit menyesal.

Pengujian Prokom

blade dari kayu

Kincir Prokom

blade terbuat dengan rangka kayu dilapisi plastik (kelompok saya ini)

komponen di dalam gear box

Iklan

One comment on “Proyek Kompetisi , Kincir Angin JTMI UGM

  1. Andi Suradiano
    8 Mei 2013

    Mas, Minta tlg bisa njiplak Gear boxnya untuk kincir angin gerakin pompa air.
    or kalau buat itu berapa biayanya???? ini hp saya 081322429014
    Saya perlu untuk menghijaukan tanah bukit2 di daerah sumedang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 22 Januari 2012 by in sepotong episode and tagged , , , .
%d blogger menyukai ini: