.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

#RepublikTwitter

Jujur, saya punya twitter tapi ga bisa main twitter. Saya syukuri hal itu, bisa-bisa kalau bisa main twitter saya jadi kecanduan. Cukuplah FB sebagai jejaring sosial yang saya garap. Twitter cukup punya aja, biar kalau ditanya punya twitter ga? Saya bisa jawab : @kangridwan19.

Jadi begini ceritanya, semalam saya nonton film baru berjudul #RepublikTwitter. Tau ga, nontonnya dimana? Ya di bioskoplah!  Bukan itu, maksudnya semalam aku nontonnya di Bandung lebih tepatnya di Paris Van Java. Semacam mall elite. Kalau di Jogja ada Amplaz, disini PVJ. Bukan karena saya lagi punya banyak duit atau pengin gaya-gayaan. Jarang-jarang saya nonton bioskop kalau tidak gratis. Tepat sekali, saya mendapatkan tiket gratis untuk nonton film ini.

Kebetulan promotor film ini adalah mas Reza Ikhwan, alumni PPSDMS. So, semua anak-anak PPSDMS bisa nonton gratis film ini. Karena di Bandung, jadi saya nontonnya bareng peserta PPSDMS regional Bandung. Malam yang indah gitu loh.

Sinopsis #RepublikTwitter

Sukmo mahasiswa semester akhir di Yogyakarta (gue banget) memutuskan pergi ke Jakarta, ia menumpang di sahabat baiknya, Andre, untuk menemui Hanum yang dikenalnya lewat situs jejaring sosial twitter. Sukmo belum juga menyelesaikan skripsinya hingga memasuki tahun akhir kuliah. Demi mengejar cintanya pada Hanum yang menjadi wartawan media investigasi, Sukmo nekat ke Jakarta.
Di pertemuan pertama Sukmo minder melihat Hanum yang lebih cantik dan memilih meninggalkannya sebelum Hanum tahu yang mana Sukmo. Dalam kegalauannya, Sukmo ternyata mendapat tawaran bekerja di warnet milik Belo (Edi Oglek). Hal ini berkaitan dengan bakat Sukmo yang jago merangkai 140 karakter di twitter. Tugas Sukmo adalah membuat seorang pejabat bernama Arif Cahyadi menjadi trending topik di twitter.
Benar saja, Sukmo berhasil membuat Arif menjadi pusat pembicaraan di twitter, kesuksesannya itu membuat Sukmo percaya diri menemui Hanum. Dengan mengesampingkan jati dirinya, Sukmo tampil rapi dan necis ala anak Jakarta. Namun hal itu ternyata membuat Hanum kecewa, pasalnya Hanum yang bekerja sebagai wartawan investigasi senang dengan karakter Sukmo yang cuek.
Drama semakin seru saat Hanum yang sedang menyelidiki kampanye terselubung di dunia maya, berencana berhenti menjadi wartawan ketika idenya diklaim oleh sang redaktur. Namun Sukmo memberi petunjuk penting bagi penyelidikan Hanum. Petunjuk yang akhirnya membawa Sukmo menemui masalah besar dengan Kemal. Kenyataan lain yang membuat Sukmo semakin galau adalah Arif Cahyadi ternyata pacar Andre sahabatnya.

Resensi Republik Twitter

#RepublikTwitter merupakan film pertama dari Kuntz Agus. Ceritanya ringan, bumbu kisah asmaranya manis. Film ini menggunakan animasi yang menarik, menunjukkan kecanggihan teknologi sehingga sejalan dengan cerita film. Alurnya enak diikuti. Dan yang membuat saya salut adalah konfliknya keren. Mengaduk-aduk emosi, serba salah.

Saya beri apresiasi untuk film ini, keren. Film pertama di dunia yang mengangkat fenomena twitter. Pesan utama yang saya tangkap dari film ini adalah jangan sampaikan kita diperbudak oleh teknologi, kitalah yang memperbudak teknologi.

Ada beberapa quote yang nyanthol di kepala saya:

  • Rejeki itu di tangan tuhan, tapi jodoh tergantung sama rejeki. (Haha)
  • Hari ini, suara rakyat suara twitter.
  • Kami bikin kampanye dunia maya ini bukan bohongan, bukannya ini sama seperti gambar-gambar palsu yang sering nampang di baliho-baliho? (redaksinya ga pas, tapi intinya seperti itu. Nohok)

Pelajaran/Hikmah/Ibroh :

  • Betapa besarnya pengaruh media. Menguasai media, menguasai zaman.
  • Pantang mundur dalam berjuang, pasti banyak pengorbanan. Dan yang paling penting: ketulusan hati. (perjuangan sukmo dg kejujuran berbuah manis)
  • Kerja kolektif / berjamaah & menggunakan strategi yang jitu. (Ga mungkin bisa bikin trending topik dalam sekejap tanpa hal itu)
  • Menerima orang yang kita sayangi apa adanya & jangan lupa untuk menerima diri sendiri apa adanya. Pede aja lagi.
  • Apa lagi ya? Silakan nonton deh. Kalo udah nonton tambahin ya!

Kesimpulan

  • Kalau ada film keren dan butuh teman untuk digratisin nonton, silakan ajak saya
  • Kalau sudah punya softcopynya, bagi-bagi ya!
  • Kalau udah nonton film, jangan Cuma dinikmati ceritanya, tapi pandai-pandilah mengambil hal yang positif, sebagai pelajaran untuk perbaikan diri.
  • Kalau udah baca tulisan ini, kasih komen ya!!  🙂


Bandung, 21 Februari2012

 

Iklan

10 comments on “#RepublikTwitter

  1. Fikri
    21 Februari 2012

    twitter itu jauh lebih berguna daripada facebook. facebook itu ibaratnya cuma tempat mainan dan lapak jualan. twitter itu sekolah dan banyak “guru” disana.
    facebook itu cuma berguna karena banyak informasi kuliah ada disana dan gampang dicari :p

    malah harusnya lebih baik kurangi facebook, tambah twitter, ilmu bersebaran dan mudah diserap disana. 🙂

    • kangridwan
      21 Februari 2012

      iya toh?
      Wah, kudu belajar ki.
      Hahay.
      Ajari dong Fik

  2. Siti Lutfiyah Azizah
    21 Februari 2012

    wah, udah nonton duluan ternyata ente.
    aku pribadi buka twitter paling buat cari info update, maklum twitter kan bebas follow siapapun yg kita mau tanpa harus keabisan kuota temenan. ambil positifnya aja kali ya, aku dapet info lomba2,info edu expo luar negri, beasiswa, dll justru banyaknya dari twiiter, updatenya mantep banaaa 😀

    • kangridwan
      21 Februari 2012

      jadi agak kepikiran pengin belajar twitter nih.

      #dipanas2i ama penghuni twitter nih

      • Siti Lutfiyah Azizah
        21 Februari 2012

        ayo bikin rid. lebih seru twitter malah. bener bgt tuh kata fikiri di atas. twitter jauh lebih berguna daripada fb 😀

  3. Little Light
    21 Februari 2012

    bener banget.. hehe, dari film kita bisa ngambil pelajaran (ni mentang2 yang comment punya hobi nonton dorama ma drama korea, jadi comment-nya begini ;P)
    nice post 🙂
    omg2 PPSDMS itu apakah?

    • kangridwan
      21 Februari 2012

      Hahahay B-)

      PPSMS tu, asrama beasiswa yang aku dapet Nin. G cuma di Jogja, di Bandung juga ada.

      • Little Light
        21 Februari 2012

        oh gitu.. hehe, wah asyik ya.. gratis.. 😀
        sekarang critanya lagi kerja praktek di Bandung ya? belum skripsi?

      • kangridwan
        21 Februari 2012

        B-)

      • Little Light
        21 Februari 2012

        siph2.. semangat 😀
        aku kira habis KKN langsung skripsi, ternyata ada kerja prakteknya juga, hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 21 Februari 2012 by in hikmah, Resensi and tagged .
%d blogger menyukai ini: