.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

#Plagiat di Dunia Maya

Akhirnya saya bikin kultwit juga. Berhubung masih newbe, masih pendatang baru di dunia twitter, maka bikin kultwit pun masih belajar. Lumayanlah naek prameks kutoarjo – jogja pagi tadi bisa ngehasilin kultwit. Ini tentang plagiat di dunia maya. Marak terjadi kopas dari karya seseorang, ga dikasih sumbernya darimana, lebih parahnya malah kemudian “diklaim” karyanya.

Berikut kultwit saya: 

  1. Resiko nulis di dunia maya itu (apalagi di negeri kita) siap2 di kopas orang. #plagiat
  2. Sebenarnya kalo dikopas trus dikasih sumbernya drmana, itu g masalah. Penulis bahkan senang jika tulisannya / idenya di-share#plagiat
  3. Menyantumkan link sumber, atau minimal ngasi tau penulis aseli/pemilik ide : itu etika menulis #plagiat
  4. Sini nulis mikir, ngolah ide jg mikir, milih2 kalimat jg mikir, kalo tiba2 dikopas & diklaim punya orang lain, wajar dong emosi. #plagiat
  5. Nah, tp disitu diuji keikhlasan kita. Sebenarnya kita nulis tujuan UTAMAnya apa? Berbagi kebermanfaatn,smngt, ide? Ato popularitas? #plagiat
  6. Ketika #plagiat bner2 trjadi pd karya kita, apalagi di dunia maya yg sangat rawan ini : cobalah berpositip tingking. G perlu marah brlebihan
  7. Tuhan mahatau. Kalopun kmudian karya qt yg di#plagiat itu bermanfaat, jd pencerahan, jd jalan hidayah, yakinlah Pahala ttp ngalir ke kamu
  8. Jangan sampe gara2 di#plagiat trus kamu mutung. Ga bikin karya lagi.
  9. Dunia maya emang rawan, kalo mau aman coba diterbitin aja. Jadiin buku. Punya ISBN. Ada kekuatan hukum kalo emang bener2 di#plagiat
  10. Tulisan2 di blog saya, jika emang ngopas, saya kasih sumbernya. Tp selama ini kebanyakan saya nulis sendiri utk konten blog sy #plagiat
  11. Ide bs dari mana aja. Dari kuliah, pengajian, diskusi, tulisan orang, bahkan sekedar cletukan temen. Cara ngolah ide : itu bedanya#plagiat
  12. Masing2 orang punya kekhasan tersendiri dlm mengolah ide, milih diksi, bikin opening & closing, bikin konflik, dll #plagiat
  13. Tentang #plagiat, kata @elhazmi paten bukan jawaban. Ini bicara KARAKTER dan ETIKA masyarakat Indonesia.
  14. Sekian kultwit saya tentang #plagiat di dunia maya. Semoga bermanfaat.

Tau Prie GS? Ni salah satu cerita beliau

”Kang Prie ada akun di FB yang sering sekali mengopi status Kang Prie tanpa mencantumkan sumbernya.” ”Hehe… tidak apa-apa. Aku juga kok. Tapi aku pura-pura tak tau.”

 

“Saat seorang teman memberi tahu bahwa ada seseorang yang suka mengopi statusku, sebetulnya aku hanya membayangkan satu orang saja. Tapi begitu ku tulis di wall, yang ngaku malah banyak sekali haha….”

3 Okt 2012

Perpus JTMI

2 comments on “#Plagiat di Dunia Maya

  1. 8yowatonsuloyo
    3 Oktober 2012

    mantab kang! aku mengikuti terus tulisan mu…. heuheu tenan.
    kadang (sering) copas-copas dari sini…
    #paijo #quote.ny mantab-mantab! *smoga pahalany juga ikut ter.copas terus… aamiin

  2. Siti Lutfiyah Azizah
    8 Oktober 2012

    haha, kalo status sih aku pribadi ga masalah. apa salahnya toh ada orang ngopas, berarti emang keren kan Rid statusmu🙂
    Omong-omong seingetku aku ga pernah kopas statusmu ya, hehe

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 3 Oktober 2012 by in opini.
