.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Deposit Tiket

Saya sedang di kereta Kutojaya, Jakarta-Kutoarjo. Setelah masuk gerbong, naruh tas, saya duduk sesuai nomer kursi yg tertulis di tiket. Sekarang pelayanan kereta jauh lebih nyaman. AC mulai terasa mendinginkan ruangan.

Yang saya lakukan pertama setelah duduk adalah menyapa orang yang duduk di sebelah saya & di depan saya. Mereka yg akan menjadi “tetangga” saya selama perjalanan. Itu yang selalu saya lakukan.

Dari teman perjalanan biasanya jadi menambah banyak wawasan karena berbagi pengalaman. Ada juga yg kemudian berlanjut menjadi teman, masih komunikasi meski perjalanan telah usai.

“Turun mana Mas Agus?”, saya bisa membaca nama yg tertulis di jaket lelaki depan saya, semoga itu bukan jaket pinjaman.

“Tujuan akhir kereta ini” jawabannya menunjukan kalo benar tebakan saya, namanya Agus

“Kutoarjo?”

“Iya”

“Kutoarjonya mana mas?” saya jadi semacam polisi saja yg mau mengintrogasi.

“Pringgo”

“Wah, tetanggaan dong. Saya semawung. SMEA ke barat”

Bla bla bla, akhirnya kami akrab. Suasana sudah cair. Ngobrol sudah enak. Dari obrolan ini lah yg ingin saya ceritakan pada kalian.

Mas Agus ini kerja di Jakarta, tapi anak istrinya di Kutoarjo. Setiap akhir pekan dia pulang. Naik kereta. Kebetulan sekarang ini bareng saya. Beruntunglah dia bisa bareng saya. Hehe. Atau? Sayalah yang beruntung bareng dia. Semoga kami sama-sama beruntung.

“Tiket PP (pergi pulang) untuk minggu depan sudah punya mas?”

“Sudah lah, sampe Juni malah sudah punya. Istilahnya Deposit tiket. Haha”

Oalah, saya baru tahu ada istilah deposit tiket. Benar juga ya, kebijakan PT KAI yang mana tiket bisa dipesan 90 hari sebelum pemberangkatan bisa dimanfaatkan oleh penumpang rutin untuk membeli tiket jauh-jauh hari.

Pantas saja, saya kerepotan mencari tiket. Beli tiket dari Jakarta, aplagi ketika akhir pekan minimal seminggu sebelumnya, itu saja sering tidak kebagian. Apalagi semacam kereta api Progo yang murah itu.

“Kalau Progo, sampai sebulan ke depan sudah habis, Wan” jelas mas Agus

Saya sendiri membeli tiket Kotajaya yang sedang saya naiki ini 2 minggu yang lalu, itu pun kursi sudah hampir penuh alias tiketnya hampir habis.

Mereka para penumpang rutin Progo ibaratnya, telah menyewa kereta sampai 3 bulan ke depan. Mas Agus ini sampai hafal orang-orangnya yang naik dari Jakarta dan kembali ke jakarta ya itu-itu saja.

“Bisa dihitung lah, penumpang yang bukan pelanggan”

Nah, ini untungnya ngobrol orang yang berpengalaman. Itu ternyata bisa diakali. Hidup di Jakrta harus bisa bertahan dalam keterbatasan dan dalam keterbatasan biasnya muncul ide kreatif.

Begini,

Penumpang yang membeli tiket Progo (Jakarta-Lempuyangan) itu tidak semuanya turun di Lempuyangan. Banyak juga yang turun di Cirebon atau sebelumnya. Bisa mencapai 60 an penumpang. Progo berangkat jam 10malam dari Jakarta (Pasar Senen), sampai Cirebon sekitar jam 1 dini hari.

Nah, untuk ke Cirebon bisa naik kereta Cirex (Cirebon ekspres) dari Gambir, harganya 70 ribu. Itu ada yang jam 5 sore, ada yang 7 malam. Sampai Cirebonpun masih bisa istirahat atau jalan-jalan kalau mau. Biayanya kalau ditotal jadi 150 ribu. Mahal sih kalau dibanding tiket Progo. Tapi harga itu wajar untuk tiket bisnis/ekonomi AC lainnya.

Bagi yang mendesak harus pulang, atau menginginkan pagi hari sudah sampai Jogja (atau arah Jogja) tapi tidak kebagian tiket, bisa lah mempraktekkan tips ini. Tidak semua orang kepikiran hal ini.

Iya juga ya. Batin saya.

 

SONY DSC

_
Di Dalam Kereta Kotajaya
22 Maret 2014

One comment on “Deposit Tiket

  1. izzatyzone
    22 Maret 2014

    kalau ke bandung juga kaya gitu ya? :O aduh …

    untung prameks gak gitu #eh

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 22 Maret 2014 by in sepotong episode.
