.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Sebar Sarapan

IMG_20150413_174258

Sebar Sarapan

Melakukan amal kebaikan lebih utama jika dirahasiakan. Tapi jika dilakukan secara terang-terangan juga bukan merupakan hal yang dilarang. Melakukan amal kebaikan secara terang-terangan memang rawan jatuh ke riya’. Namun merahasiakannya pun bisa jatuh ke ujub (kagum pada diri sendiri). Intinya ada pada bagaimana menjaga niat dalam hati.

Jika pelaku maksiat bangga mempromosikan kemaksiatan, maka pelaku kebaikan harusnya jangan kalah untuk mempromosikan kebaikan. Dengan mempublish kebaikan, Insya Allah bisa menginspirasi orang lain juga untuk melakukan kebaikan.

Beberapa bulan yang lalu, kawan saya, @enralazua, melakukan kegiatan sosial bagi-bagi sarapan gratis kepada bapak-bapak tukang becak. Dia mengajak komunitas-komunitas di Banjarnegara untuk menggerakkan aksi sosial ini.

Lalu, sekitar sebulan yang lalu, saya mengajak kawan-kawan di Medan untuk melakukan kegiatan serupa. Yaitu berbagi nasi bungkus, untuk sarapan saudara-saudara kita. Alhamdulillah, respon positif. Kawan-kawan bersemangat untuk melakukannya. Oiya, kawan-kawan saya ini banyak saya kenal di komunitas @PejuangSbhMedan & @onedayonejuz

Rapat Perdana #SebarSarapan bareng komunitas @odojd_SUMUT & @PejuangSbhMedan

Rapat Perdana #SebarSarapan bareng komunitas @ODOJ_SUMUT & @PejuangSbhMedan

Alhamdulillah, hingga saat ini sudah terlaksana  5 kali. Rutin kami lakukan setiap sepekan sekali. Kegiatan ini kami beri nama operasi #SebarSarapan ini. #SebarSarapan pertama, kami berbagi 75 bungkus, berikutnya 100 bungkus. Lokasinya selalu berbeda. Berhubung kegiatan ini bersinergi dengan komunitas, lokasinya kami sesuaikan dengan acara yang diselenggarakan oleh komunitas tersebut.

Pertama kali, kami danai sendiri, kami jalani sendiri. Berikutnya mulai kami publish & membuka bagi siapa yang ingin berpartisipasi. Bisa tenaga, bisa materi.

Sasaran operasi #SebarSarapan adalah Inang pengumpul sampah, tukang becak, petugas parkir, penyapu jalan raya, petugas sampah, tukang tambal ban, tukang sol sepatu, supir angkot, dan mereka-mereka yang sudah semangat bertebaran menjemput rejeki di pagi hari.

Tanggapan mereka bermacam-macam. Ada yang terkejut, ada yang berterimakasih sambil mendoakan banyak kebaikan. Ada yang ngiranya disuruh beli, tapi langsung bahagia begitu dikasih gratis. Wajah premanpun berubah jadi senyuman. Meski ada juga yang menolak, tapi kebanyakan respon mereka positif.  Rasanya begitu bahagia, membuat orang lain bahagia.

Saya yakin banyak orang berada (orang kaya) yang bersemangat jika diajak berpartisipasi dengan materinya, banyak juga tenaga yang siap mengeksekusi. Tinggal diwadahi, difasilitasi. Jika diniatkan dgn tulus, semata-mata untuk beramal, insyaallah banyak dukungan.

Sekian cerita dari kami, semoga menginspirasi. Kegiatan #SebarSarapan ini secara teknis begitu sederhana, bahkan jika mau mencoba masing-masing pun bisa dilakukan. Namun jika bisa mengajak komunitas akan terasa lebih menyenangkan.

Bahwa di zaman sekarang masih ada kepedulian sosial, tidak hanya di acara reality show yang disiarkan di televisi.

NB : Bagi Anda yang berada di Medan & ingin berpartisipasi (materi maupun tenaga), bisa hubungi saya @kangridwan19. 

#SebarSarapan1

#SebarSarapan1 @Medan Helvetia, 15 Maret 2015

#SebarSarapan2

#SebarSarapan2 @Medan Maimun, 21 Maret 2015

#SebarSarapan3

#SebarSarapan3 @Medan Polonia, 21 Maret 2015

#SebarSarapan4

#SebarSarapan5 @Medan Amplas & Deli Serdang, 15 April 2015

#SebarSarapan5

#SebarSarapan5 @Medan Timur, 12 April 2015

Medan, 13 April 2015

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 13 April 2015 by in sepotong episode.
%d blogger menyukai ini: