.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Ramadhan #3 : Diskon

diskon

Diskon memang acapkali membuat kita tertarik untuk membeli barang. Misal kita mau membeli barang, dengan barang yang sama, di toko A diskon 10%, toko B diskon 20%. Tentunya lebih memilih toko B. Lebih ekonomis. Adalah orang yg rugi jika membeli di toko C yang tak ada diskonnya.

Oh, maaf. Tadi tidak ada pilihan toko C ya ?

Kalangan emak-emak, biasanya lebih ijo matanya ketika lihat diskon. Bahkan meski jatuhnya dapat harga yang sama, jika itu ada diskonnya, maka akan dibilang lebih murah. Ah ah, ini bukan curhat lho ya.

Harga yang lebih murah dari kewajaran, sering membuat kita tertarik untuk membelinya sekalipun kita belum terlalu membutuhkannya. Misal ada tanah yang lokasinya strategis dijual dengan harga murah. Surat lengkap tidak bermasalah. Wajarnya 200 juta, ini dijual 50 juta. Wuih, bakal dibela-belain meski hutang. Toh nanti kalau semisal dijual lagi pasti dapat untung.

Yeah, awalnya tidak berniat untuk membeli, tetapi karena dijual murah, jadi pengin membeli dengan segala cara.

Kata nabi (HR Muslim), Dalam bulan Ramadhan pahala amalan wajib dilipatgandakan 70 kali lipat dan amalan yang sunah disamakan dengan pahala amalan wajib di luar Ramadhan.

Coba kita lakukan matematikanisasi terhadap pahala amalan di bulan Ramadhan ini.

Pada bulan ramadhan, jika kita beramal Rp.1000 Allah bakal ganti dengan Rp. 70.000. Jika di surga kita berharap mendapat rumah mewah seharga 1 miliyar, kita cukup beramal 14,3 juta rupiah di bulan Ramadhan.

Jika kita konversi dalam bentuk diskon, ini berarti diskonnya sebesar 98,57%. Bayangkan sodara-sodara, terlebih para emak-emak. Bagaimana (harusnya) ga ijo mata kita ?

Oi, itu baru hitung-hitungan kasar kita di atas kertas. Padahal Allah maha pemurah. Tentunya hitungan Allah tidak setipis hitungan kita.

Jika kita tahu -dalam arti yakin dengan seyakin-yakinnya akan janji Allah ini- maka tidak akan ada satupun yang rela melewatkan satu detik dan menitpun bulan Ramadhan kecuali untuk dijadikan ibadah dan amal kebaikan.

Jadi, di bulan dengan diskon pahala gila-gilaan begini, kenapa masih aja bengong?

Sikaaaaat !!

**

03 Ramadhan 1437
09.32
*ditulis di atas tol Medan – Belawan

 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 11 Juni 2016 by in serial ramadhan.
%d blogger menyukai ini: