.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Qunut

masjid-agung-at-taqwa-balikpapan

Masjid Agung At Taqwa Balikpapan

Saya tidak memilki kompetensi ilmu fiqh untuk membahas secara mendalam tentang Qunut. Maka dalam tulisan ini, yang akan saya bahas sesuai dengan keterbatasan ilmu dan wawasan, serta pendapat saya. Secara singkat.

Umat islam dalam solat subuh, ada yang menggunakan Qunut ada yang tidak, sesuai dengan pendapat Madzhab yang diikuti. Sederhananya, di Indonesia, orang-orang akan membagi dua : yang pakai Qunut itu NU, yang tidak pakai Qunut itu Muhammadiyah. Meski sebenarnya tidak sesederhana itu.

Tak ada yang salah, menggunakan atau tidak. Masing-masing ada dasarnya. Toh juga imam syafi’i tidak sampai mewajibkan Qunut.

Yang menjadi petaka adalah ketika urusan Qunut ini menjadi alasan untuk tidak bersatunya umat islam. Solat subuhnya pilih-pilih masjid. Hanya mau solat subuh di masjid yang sesuai denganya dalam urusan qunut.

Ada yang biasa tidak menggunakan Qunut lalu shalat di Masjid yang imamnya menggunakan qunut, tapi dia tidak mau mengangkat tangan untuk mengaminkan. Tidak salah memang, tapi kurang sedap dilihat. Bukankah sedang dalam satu jamaah ya? Imam kan harus diikuti?

Saya sejak kecil shalat pakai qunut. Setelah merantau, sejak hingga sekarang, saya sering shalat di masjid yang tidak menggunakan qunut, tak masalah.

Imam Syafii pernah meninggalkan qunut dalam rangka menghormati gurunya. KH Idham Cholil (pemimpin NU) pernah meninggalkan qunut saat mengimami shalat subuh yang mana di barisan makmum terdapat Buya Hamka (pemimpin Muhammadiyah). Begitu pula, Buya Hamka saat mengimami shalat yg di belakangnya ada KH Idham Cholil, beliau menggunakan Qunut.

Indah bukan? Qunut itu sunnah, menjaga ukhuwah itu wajib. Adab dan akhlak lebih diutamakan dari ilmu.

Ada kawan berseloroh, sekarang alhamdulillah masalah qunut tidak lagi diperdebatkan. Bukan karena sudah tidak diperselisihkan. Tapi karena sudah pada tidak sholat subuh di masjid.

Yang ini benar-benar petaka.

Balikpapan, 22 Januari 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 20 Februari 2017 by in opini.
%d blogger menyukai ini: