.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Masih Ngaji Kan?


Lebih dari 3 tahun saya tidak ketemu kawan saya. Dan baru ketemu beberapa waktu yang lalu karena saya ada tugas dinas ke salah satu kota di Kalimantan. Saya baru tahu kalau dia ditempatkan di sana.

Saat prajabatan dulu, kami sempat akrab walau hanya dalam hitungan hari. Pertama kali kenalan, rasa-rasanya sudah lama kenal.

Maka saat bertemu dengan dia, kami sama-sama merasa bahagia. Bertukar kabar keluarga, salin bertanya tentang pekerjaan, juga bertanya tentang kabar kawan-kawan yang lain.

“Antum masih ngaji, kan?” Tanyanya sambil tersenyum.

Saya terhenyak sejenak sebelum kemudian menjawabnya. Rasa-rasanya sudah lama saya tidak ngobrol secara pribadi dengan seseorang dan disapa dengan kata ganti “antum”. Terakhir waktu di Medan.

Tapi bukan tentang “antum” yang membuat saya terhenyak. Kawan yang sudah lama tak jumpa dan tak pernah berinteraksi secara pribadi ini, menanyakan kabar yang jarang orang tanyakan. “Masih ngaji, kan?”

Dia tidak hanya menanyakan kabar fisik, keluarga, jabatan, dan hal-hal yang bersifat duniawi dan materi, tetapi lebih dari itu dia menanyakan nutrisi jiwa.
ridwan-tirto
Saya jadi teringat pada hadits yang dibacakan rutin setelah shalat ashar di kantor. Suatu ketika Rasulullah SAW ditanya tentang teman yang baik. Beliau menjawab, โ€œ(Teman) yang melihatnya saja membuat kalian teringat Allah Taโ€™ala, yang ucapannya menambah ilmu kalian, yang amalnya memotivasi kalian untuk meraih akhirat.โ€

Alhamdulillaaah, Allah masih pertemukan saya dengan teman-teman yang baik. Pertanyaannya kemudian adalah apakah saya sudah menjadi teman yang baik bagi teman-teman saya?

Hiks, sepertinya belum. ๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”

#ridwannote

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 23 Februari 2017 by in hikmah.
%d blogger menyukai ini: