.: Petualang Kehidupan :.

Hidup ibarat berpetualang, memerlukan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan. Jika surga tujuanmu, sudah cukupkah bekal yang kau siapkan??

Hape di Shaf Sholat

Sebelum sholat berjamaah dimulai, imam biasa menyerukan, “Sawwu sufufakum fa inna taswiyatas-sufufi min tamamis-salah”. Tidak semua yang sering mendengarnya paham artinya. Itu adalah perintah untuk merapatkan dan meluruskan barisan shalat. Terkadang kemudian jamaah menjawab dengan “Sami’na waatho’na”. Kami mendengar dan kami patuh.

Namun di masa kini, instruksi imam biasanya bertambah :

“Bagi jamaah yang membawa hape, mohon agar dinonaktifkan atau di-silent“

**

Urusan kesempurnaan sholat berjamaah tidak hanya tentang lurus dan rapatnya barisan, tetapi juga terhindarnya suara dering telpon yang merusak kekhusyukan. Apalagi, belakangan nada dering macem-macem bunyinya.

Maka ketika sudah ambil posisi barisan, saya pastikan hape saya tidak menjadi pembawa musibah. Setelah saya pastikan tidak bersuara, atau saya aktifkan mode pesawat. Kemudian saya letakkan di karpet/sajadah. Karena meski tak bersuara, getaran juga mengganggu. Mengganggu kekhusyukan sekaligus bikin geli.

Biasanya saya tidak biarkan dia sendiri, kacamata menemaninya, terkadang dompet juga ikut. Ternyata kemudian tidak hanya saya yang melakukannya. Mungkin mereka juga sepakat, bahwa untuk berkomunikasi dengan Tuhan tidak perlu hape.

Hingga kemudian nampaklah hape-hape yang ikut berbaris dengan rapi, di depan pemiliknya. Pemiliknya sebagai tuannya, yang tidak jarang berubah menjadi hambanya.

Jika kamu melihat orang yang selesai salam, tapi yang pertama dilakukan bukan berdoa atau berdzikir, melainkan mengecek hape, itu tanda penghamba hape. Pernah melihat orang seperti itu? .

Atau jangan-jangan orang itu adalah kita?

 

 

Jakarta, 04 Ramadhan 1438 H

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 11 Juli 2017 by in hikmah, sepotong episode.
%d blogger menyukai ini: